Kamis, 26 Januari 2012

Pengertian Manajemen

Dikutip dari www.membuatblog.web.id .

Pengertian manajemen – Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dan lain se- bagainya. Bila dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian:
1. manajemen sebagai suatu proses.
2. manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).

Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagai mana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
1. Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2. Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
3. Georçv R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.

Manajemen suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer.

Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen. Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
1. Chaster I Bernard dalam bukunya yang berjudul JTAe^Bnctíon of the Executive, bahwa manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fajol, Alfin Brown Harold, Koontz Cyril O’donnel dan GerQge K Terry.
2. Marry Parker FoUett menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Dari devinisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

17 komentar:

  1. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien

    BalasHapus
  2. saya sangat setuju dengan kesimpulan di atas :)

    BalasHapus
  3. Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
    saya sangat setuju dengan peryataan di atas,

    BalasHapus
  4. menurut saya manajemen itu prilaku atau sikap, dimana prilaku yang dapat menunjang suatu hal aktivitas yang dilakukan

    BalasHapus
  5. Menurut James A.F.Stonner manajemen adalah proses perencanaan, perorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan

    BalasHapus
  6. manajemen menurut saya adalah suatu dasar terpenting dalam suatu perusahaan untuk mengatur sesuatu dibidang tertentu.

    BalasHapus
  7. dengan adanya manajemen terjadinya keja sama yang baik dan dengan yang lain

    BalasHapus
  8. manajemen sangat berperan penting dalam kerjasama..

    BalasHapus
  9. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen

    BalasHapus
  10. manajemen sangat berpengaruh dalam suatu perusahaan ....

    BalasHapus
  11. Manajemen adalah organisasi yang selalu di tuntut kompak mulai dari manajer dan pegawainya.

    BalasHapus
  12. manajemen merupakan teknis dasar kepemimpinan

    BalasHapus
  13. manajemen merupakan dasar dari semua ilmu manajemen

    BalasHapus
  14. berbagai pandangan tentang manejemen sangat diperlukan untuk bisa membuat perkembangan suatu perusahaan sukses atau tidaknya

    BalasHapus